Berita Sekolah

Berita Sekolah

WhatsApp
Facebook

SMP AMANAH – In House Training (IHT) Sekolah Penggerak

SMP AMANAH – In House Training (IHT) Sekolah Penggerak

Dalam rangka memperkuat komitmen Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk bersama-sama meningkatkan kinerja, kompetensi, dan sekaligus penyusunan perangkat pembelajaran untuk pelaksanaan Proses Belajar Mengajar di Tahun Pelajaran 2022/2023, Sekolah Menengah Pertama Amanah Kota Tangerang menggelar In House Training (IHT) atau Griyaan dengan tema utama Implementasi Kurikulum Merdeka. Guru dan tenaga kependidikan SMP Amanah diharapkan setelahnya mampu merencanakan, melaksanakan dan merefleksi pembelajaran sesuai dengan program dan kebijakan dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Kegiatan IHT berlangsung mulai tanggal 21-30 Juni dan 1-8 Juli 2022 (microlearning) ruang 1-3 SMP Amanah Cibodas Kota Tangerang.

SMP Amanah yang merupakan salah satu sekolah yang terpilih menjadi sekolah penggerak pelaksana Kurikulum Merdeka di Kota Tangerang kelihatannya mengerti betul bahwa meningkatkan mutu pendidikan sangatlah penting. Dengan dilaksanakannya IHT ini menjadi salah satu bukti upaya penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) di sekolah agar siap untuk melaksanakannya ketika Proses Belajar Mengajar dimulai nanti.
Badaruzaman selaku Kepala SMP Amanah menjelaskan bahwa kegiatan dalam IHT mencakup berbagai kegiatan pembelajaran terkait Kurikulum Merdeka sebagaimana pedoman IHT yang telah disediakan oleh Kemdikbud RI yaitu terdiri dari eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, refleksi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, serta aksi nyata. Topik yang diangkat pun beranekaragam, yaitu terkait Capaian Pembelajaran (CP), Kurikulum Operasional Sekolah (KOS), Modul Ajar, Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Perencanaan Berbasis Data dan Pengenalan Platform Teknologi untuk pembelajaran paradigma baru. Hadir pula dalam kegiatan IHT ini yaitu Drs. Ateng Suherman, M.Pd sebagai fasilitator pengarah dari unsur Pengawas Pembina yang melakukan bimbingan akan pentingnya pengimplementasian kurikulum merdeka agar dilaksanakan secara produktif dan berkelanjutan. “Harapan kami guru-guru yang mengikuti In House Training ini sudah dapat memiliki pemahaman lebih baik tentang Kurikulum Merdeka yang akan dilaksanakan pada saat tahun pelajaran baru nanti dimulai,” jelasnya.

Kita doakan bersama semoga SMP Amanah sebagai Sekolah penggerak bisa terus berproses menjalankan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kebutuhan sekolah dan lingkungan sekitarnya sehingga mampu mengadakan perubahan bagi terciptanya warga Kota Tangerang yang Cerdas Berbudaya dan Berakhlakul Karimah.

@Copyright 2022 IT Amanah